Friday, March 13, 2009

Komik Jepang

Gw suka banget komik Jepang, meskipun tidak menggambar dengan sempurna spt komik keluaran Amerika atau Eropa, dengan badan bersiluet seksi, hidung mancung, wajah sempurna, tubuh sesuai proporsi, tapi gambar mereka sangat ekspresif, saat senang, sedih, terkejut, bahagia, tersentuh, kecewa, berharap, semua bisa terlihat, meskipun kadang mereka menggambar mata terlalu besar, dan berbentuk spt bukan mata, melainkan hanya coretan-coretan garis yang tebal, menggambar hidung hanya dengan segitiga kecil, badan yang lurus, tapi mereka pintar sekali dalam membuat kita melihat, merasa dan membayangkan maksud dari gambar dan cerita mereka!
Tapi gak semuanya gw suka, gw paling gak suka baca komik klo tokoknya masih SD, atau lebih parah lagi, TK, tapi ceritanya udah menyelamatkan dunia dan jatuh cinta malah sampe ke ciuman segala, oh god, gak nyata banget, dan gw juga gak pengen hal spt itu jadi kenyataan!!
Komik spt itu bener-bener merusak, tentu aja kebanyakan komik memang tidak mendidik, tapi kalo sampai tahap merusak, tsk..
Gw gak heran klo pikiran anak SD jaman sekarang juga bisa teracuni dengan berpikir bahwa yang kyk gituan normal
Apalagi sekarang, diterbitkan juga komik dewasa, sebenarnya gak ada masalah tapi harusnya toko buku itu meletakan rak komik dewasa di tempat yang berbeda dan jauh dari komik anak-anak atau bahkan remaja
Sebagai tukang baca komik, gw suka berkunjung ke bagian komik, dan terus terang susah membedakan antara komik dewasa dengan komik anak-anak serta remaja, dg gambar yang berwarna warni, tulisan pemberitahuan apakah itu komik dewasa atau remaja kurang begitu terlihat, belum lagi karena berada ditempat yang sama, kalo gw yang salah membeli komik gak ada masalah, kalo anak SD yang salah beli buku, tsk
Toko buku harus mulai melakukan pembenahan terhadap penempatan posisi buku berdasarkan isi!

No comments:

Post a Comment