Friday, December 11, 2009

Who Is He??!

Jakarta - Sah-sah saja jika Presiden AS Barack Obama menjadi idola sebagian masyarakat Indonesia, terutama siswa-siswi SD Menteng 01, Jakarta. Apalagi jika idola tersebut diabadikan dengan sebuah karya seni, seperti patung Obama yang beberapa hari kemarin didirikan di Taman Menteng.

Namun, siapakah Obama? Apakah dia pahlawan bagi Indonesia hingga harus dibuat patung?

"Boleh saja dibuat patung, memang Obama tokoh yang inspiratif saat ini. Bisa memacu generasi muda untuk bisa berhasil. Tapi bagaimana dengan pahlawan kita? Masih sedikit dari mereka yang dijadikan simbol inspiratif," kata Sejarahwan Asvi Warman Adam kepada detikcom, Jumat (11/12/2009) malam.

Asvi mengatakan, apresiasi masyarakat tentang pembuatan patung Obama tidaklah berlebihan. Namun, masyarakat kita tidak boleh lupa kalau masih banyak pahlawan kita yang sangat inspiratif.

"Patung bisa memberikan pelajaran sejarah dengan cepat. Memori sejarah bisa tertangkap dengan mudah oleh sebuah monumen/patung tokoh," jelasnya.

Asvi menjelaskan, masih sedikit pahlawan-pahlawan kita yang dibuatkan patung. Padahal banyak tokoh seperti Tan Malaka, MH Thamrin, Soepomo, Kartini, dan tokoh-tokoh lainnya sangat berjasa membangun negara ini.

"Mereka itu sangat inspiratif bagi lahirnya negara Indonesia," imbuh Asvi.

Masih sedikitnya patung-patung pahlawan Indonesia, tidak hanya disebabkan oleh rendahnya pemahaman masyarakat Indonesia akan arti penting sejarah. Tetapi juga karena sebagaian masyarakat kita belum menerima patung sebagai karya seni.

"Sebagian masyarakat kita masih belum menerima patung bersosok manusia karena takut dikultuskan," pungkasnya.

Kamis, 10 Desember kemarin, patung Obama resmi didirikan di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Patung ini terbuat dari perunggu dan menghabiskan dana kurang lebih Rp 100 juta. Pembuatannya sekitar 3 bulan dan proses izin memakan waktu 1 tahun.

Ron Muller, penggagas berdirinya patung Obama di Taman Menteng, mengatakan tujuan dibangunnya patung itu sebagai inspirasi bagi anak muda Indonesia.



My God, what a waste of effort and space
who's Obama anyway to us?

taken from here: http://www.detiknews.com/read/2009/12/12/065831/1258834/10/obama-saja-dibuat-patung-pahlawan-kita

No comments:

Post a Comment